Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot Saat Di Masak

Daging kambing pada umumnya memiliki aroma yang kuat dan khas. Saat Idul Adha tiba tentu akan banyak orang yang mengkonsumsi daging kambing. Dalam mengolah daging kambing menjadi masakan yang lezat akan gampang-gampang susah. Bila salah dalam pengolahan, aroma amis daging kambing akan semakin menyengat dan daging bisa menjadi alot.

tips-mengolah-daging-kambing-agar-tidak-bau-dan-alot-saat-di-masak

Berikut ini ada beberapa tips cara pengolahan daging kambing supaya daging menjadi empuk dan aroma amisnya berkurang.

1. Jangan dicuci
Sebelum dimasak normalnya daging harus dicuci bersih terlebih dahulu. Tapi jangan lakukan hal ini saat mengolah daging kambing, karena aroma amisnya akan bertambah dan tekstur daging bisa menjadi alot. Sebaiknya daging kambing langsung Anda rebus tanpa dicuci, setelah itu buang air rebusannya dan daging kambing siap untuk diolah menjadi masakan yang lezat.

2. Rebus dengan rempah-rempah
Bila Anda lebih suka mencuci daging kambing terlebih dahulu, sebaiknya rebus daging dengan menggunakan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, serai, daun jeruk dan kapulaga. Aroma kuat dan harum dari rempah-rempah tersebut dapat membantu mengurangi bau amis daging kambing.

3. Balur dengan parutan nanas
Buah nanas memiliki getah yang tajam yang bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing dan mengatasi bau amisnya. Parut nanas dan lumuri daging kambing mentah, diamkan selama setengah jam dan setelah itu olah daging seperti biasa.

4. Balur dengan buah pir
Buah pir biasa digunakan untuk melunakkan daging di negara-negara barat. Caranya sama seperti penggunaan buah nanas, parut buah pir dan lumuri seluruh daging kambing.

5. Bungkus dengan daun pepaya
Daun pepaya bisa digunakan untuk melembutkan dan mengatasi bau amis pada daging kambing. Sediakan beberapa lembar daun pepaya dan bungkus daging kambing mentah kedalamnya. Enzin pada daun pepaya dapat mengurangi aroma amis dan mengempukkan daging kambing.

6. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis
Air jeruk nipis dapat mengurangi aroma amis daging kambing dan membunuh bakteri. Sediakan air perasan jeruk nipis dan lumuri daging kambing mentah, diamkan selama setengah jam dan olah daging seperti biasa.

Itulah beberapa tips cara mengolah daging kambing yang bisa Anda terapkan saat Idul Adha atau acara sepesial lain. Selamat mencoba :)

Herbal Satu © 2017 Frontier Theme